Mengapa sebagian konsumen lebih menyukai belanja online dibandingkan belanja offline, atau sebaliknya? Pertanyaan yang sering diajukan ketika seseorang mencoba membangun bisnis melalui website eCommerce. Baik belanja online maupun offline memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing bagi konsumen atau pemilik usaha.
Lalu apa saja keuntungan berbelanja online dibandingkan offline bagi konsumen? Berikut ini penjelasannya:
1. Konsumen mudah membandingkan produk satu dengan lainnya, melalui belanja online maka konsumen hanya perlu membuka browser satu dengan lainnya tanpa mengunjungi toko satu persatu. Sebaiknya sediakan informasi lengkap dan jelas seperti ukuran, material, model, harga, dan spesifikasi lainnya dalam website serta cantumkan kontak informasi sehingga pemilik website dapat berkomunikasi dengan konsumen.
2. Belanja online memberikan pilihan produk yang lebih luas dalam satu website dibandingkan toko offline yang dibatasi oleh space. Kini konsumen tidak hanya berbelanja baju saja namun dalam waktu yang sama konsumen dapat belanja barang elektronik atau produk lainnya melalui satu website.
Sebaiknya lakukan proses belanja dan pembelian dalam satu website atau halaman untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.
3. Biasanya konsumen terlebih dahulu mengunjungi toko offline untuk menemukan barang yang mereka cari lalu mencari kembali melalui online untuk harga yang lebih terjangkau. Hal ini dilakukan oleh sebagian besar konsumen toko online khususnya Bargain Hunters.
Sebaiknya berikan harga terbaik bagi konsumen misalnya dengan promosi 'Deal of The Day' atau 'Best Price' dalam website Anda.
4. Privasi, dalam berbelanja online konsumen bisa mendapatkan privasi dan tidak akan merasa malu membeli barang-barang yang bersifat pribadi karena konsumen dan penjual tidak bertatap muka secara langsung. Hal ini akan menimbulkan rasa aman pada konsumen saat mereka membeli barang-barang untuk kebutuhan pribadi mereka.
5. Hemat waktu dan tenaga, dalam berbelanja online, konsumen tidak perlu pergi ke toko karena belanja online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu dan tenaga konsumen. Hal ini merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan konsumen lebih memilih untuk berbelanja online.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menunjang belanja online seperti koneksi internet, jaminan kerusakan barang, penipuan, jangka waktu pengiriman dan masih banyak lagi.
Namun dengan menonjolkan kelebihan belanja online atau mengintegrasikan keduanya selain mampu mendorong tingkat penjualan juga memberikan kemudahan akses bagi konsumen. Selain itu berikan promo belanja yang mampu menarik perhatian konsumen seperti program gratis ongkos kirim, diskon pada hari-hari tertentu atau ukuran dan spesifikasi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar